Skip to main content

Pengantar PLC

Halo teman-teman, semoga kalian semua baik-baik saja dan menikmati kesehatan yang baik. Tutorial hari ini, seperti yang ditunjukkan oleh namanya, ada di Pengantar PLC. PLC adalah singkatan dari Programmable Logic Controller. Baru-baru ini saya bekerja pada sebuah proyek di mana saya harus merancang Mesin Pencampur Kopi Otomatis Menggunakan PLC. Ini bekerja cukup baik dan saya bersenang-senang saat mengerjakannya. Setelah menyelesaikan proyek itu, saya sadar bahwa saya belum memposting tutorial tentang PLC. Jadi saya berpikir untuk memulai tutorial ini. Tutorial ini tidak akan mencakup dalam posting tunggal sehingga rencana saya adalah membaginya dalam beberapa bagian.
Hari ini. Saya akan memberikan gambaran tentang PLC. Kita akan melihat dasar-dasar yaitu apa itu PLC? Mengapa kita menggunakan PLC bukan mikrokontroler seperti Arduino atau PIC Microcontroller? Apa kelebihan dan kekurangannya? Saya akan mencoba untuk membahas semua tentang dasar-dasar. Setelah membaca tutorial ini, Anda harus melihat Pengantar Logika Ladder untuk PLC , Ladder Logic adalah bahasa pemrograman untuk PLC.
Ada berbagai jenis PLC yang tersedia di pasar yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, sehingga tidak mungkin untuk mencakup semuanya. Dalam tutorial ini, saya akan membahas tentang Fatek PLC karena saya telah mengerjakannya selama proyek saya. Model yang saya gunakan adalah Fatek PLC Fbs-20MA. Alasan saya menggunakan model ini karena harganya murah dan memiliki cukup input / output port yang cukup untuk proyek saya. Itu sebabnya saya lebih suka itu sebagai tugas para insinyurnya untuk mengoptimalkan biaya juga. Mari kita mulai dengan PLC.
Apa itu PLC?
Ini adalah pertanyaan dasar, yang biasanya diminta oleh semua permulaan jadi saya akan menjawabnya terlebih dahulu untuk para pemula.
  • PLC hanyalah bentuk lanjutan dari Microcontroller . Biasanya digunakan dalam industri karena fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya. 
  • Ini dapat dilampirkan dengan mudah dengan komputer melalui port serial serta port usb.
  • PLC digunakan ketika kita perlu mengotomatiskan apa saja seperti mikrokontroler. Kami memasang sensor dan aktuator dll dengan PLC dan kemudian memasukkan beberapa kode pemrograman di dalamnya dan membiarkannya melakukan tugasnya.
  • Anda telah melihat lift otomatis, semuanya dioperasikan dengan PLC.
  • Kita dapat menggunakan penghitung waktu, penghitung, register dalam PLC dan bisa mendapatkan output apa pun darinya.
  • Kami dapat memprogram PLC dengan bahasa yang berbeda dan bahasa yang paling umum digunakan untuk PLC dinamakan sebagai Ladder Logic.
Tinjauan Internal PLC


Apa yang ada di dalam PLC, yang membuatnya sangat keren? Itu pertanyaan yang bagus dan biasanya para insinyur bertanya-tanya tentang hal itu. PLC dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

Power Supply - Thissection menyediakan daya untuk PLC, dalam kasus saya dioperasikan pada 220V AC, jadi ketika saya memberikan 220V AC ke PLC saya, itu mendapat diaktifkan dan mulai melakukan fungsi.

Centeral Processing Unit (CPU) - Ini adalah otak PLC yang sebenarnya, selanjutnya dibagi menjadi beberapa bagian yaitu RAM, ROM, EEPROM, mikrokontroler, dll. Kode pemrograman diunggah dalam CPU ini dan menurut program itu, ia menjalankan fungsinya.

Bagian Input / Output - Bagian ini adalah bagian dari tempat PLC berkomunikasi dengan dunia luar. Kita dapat memasang sensor ke input PLC dan dapat mengoperasikan motor, aktuator, dll dari output PLC.

Jenis PLC


  • Ada berbagai jenis PLC yang tersedia di pasar yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda.
  • Beberapa perusahaan PLC terkenal adalah Siemens, Mitsubishi, Fatek, dll.
  • Selain itu, mereka juga tersedia dalam berbagai ukuran dan fungsi. Yang saya gunakan memiliki 14 input dan 8 output. Itu tidak mendukung input analog karena saya tidak membutuhkannya.
  • Ada PLC tersedia dengan input analog atau Anda juga dapat membeli kartu yang dihubungkan dengan PLC dan membuatnya mampu bekerja pada input analog.
  • Fungsi lain yang tidak tersedia dalam PLC saya adalah komunikasi Serial, tetapi model tersebut tersedia yang mendukung komunikasi serial.
  • Jadi singkatnya, ada beberapa model PLC yang tersedia di pasar dan Anda harus mempertimbangkan tuntutan proyek Anda saat membeli PLC.

Mengapa menggunakan PLC, bukan mikrokontroler?


  • Mikrokontroler biasanya digunakan dalam produk kecil, di mana Anda perlu mengontrol beberapa sensor atau beberapa motor dll tetapi ketika kita berbicara tentang pabrik otomatis besar dalam industri maka PLC selalu lebih disukai daripada mikrokontroler.
  • Alasan untuk memilih PLC daripada mikrokontroler dalam proyek-proyek besar adalah karena fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya. PLC dapat diprogram sering dengan komputer, misalkan Anda memiliki sistem otomatis dan Anda menemukan beberapa bug di dalamnya yang ingin Anda hapus, maka apa yang perlu Anda lakukan hanyalah melampirkan komputer dengan PLC dari pabrik itu dan membuat perubahan dalam kode, yang tidak mungkin dengan mikrokontroler.
  • Apalagi, PLC memiliki banyak memori, Anda dapat menambahkan ukuran data apa pun di dalamnya.
  • PLC juga berumur panjang dibandingkan dengan mikrokontroler.
  • Terakhir tetapi tidak sedikit, PLC telah dibangun di kartu untuk mengontrol tegangan AC berat, Anda bisa mendapatkan segala jenis tegangan dari PLC yaitu 220V AC dll tetapi jika Anda ingin mendapatkan tegangan dari mikrokontroler maka Anda harus menambahkan beberapa sirkuit ekstra.
  • Singkatnya, di semua pabrik otomatis industri, PLC digunakan.

Memulai Dengan PLC


Saya pikir sekarang Anda memiliki gagasan tentang PLC, jadi sekarang saya memulai dengan PLC. Saya akan menjelaskan fungsi PLC Fatek karena saya telah menggunakan yang satu itu tetapi jika Anda menggunakan model PC yang lain maka tidak perlu panik karena semua PLC memiliki fungsi yang sama. Jadi, tidak masalah yang mana yang Anda gunakan. Jika Anda memeriksa gambar di bawah ini maka Anda akan melihat saya menandai tiga bagian di dalamnya. 
  • Bagian 1 menunjukkan status pin input. Jika input tidak aktif maka bagian ini akan tetap seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, tetapi jika salah satu input menjadi tinggi, maka indikator pin masing-masing juga akan menyala merah, yang menunjukkan bahwa pin ini AKTIF. Ini membantu saat Anda menulis kode pemrograman untuk PLC.
  • Bagian 2 menunjukkan status PLC. Jika PLC dinyalakan maka POW yang dipimpin akan menjadi merah, jika Anda telah mengunggah kode dalam PLC dan memulainya maka RUN yang dipimpin akan menjadi merah dan jika kode Anda memiliki beberapa kesalahan maka ERR yang dipimpin akan menjadi merah.
  • Bagian 3 menunjukkan status pin output, ini akan memberi tahu Anda output mana yang saat ini AKTIF.
  • Pada gambar di bawah ini, saya telah mengindikasikan Bagian 4 dan 5, ini adalah bagian input / output. Jika Anda melihat dengan seksama maka Anda dapat melihat ada dua baris sekrup, di mana Anda menghubungkan kabel Anda untuk input dan output dan di atas mereka, mereka juga diberi label dengan warna putih. Jadi, seperti itu, baris pertama dari pelabelan adalah untuk baris pertama sekrup dan baris kedua adalah untuk baris kedua sekrup.

Bagian 4 adalah bagian input pin, jadi jika Anda memeriksa di atas ada input dari X0 ke X13, yang membuatnya secara keseluruhan 14 input. Selain itu, ada dua pin yang diberi label + 24V dan - 24V, yang diberikan oleh PLC kepada kami, jadi jika Anda ingin memberikan masukan ke PLC ini Anda harus memastikan bahwa 24V-nya, jika tidak PLC tidak akan mengenalinya.
Bagian 5 adalah bagian pin output. dan Anda dapat melihat ada total 9 output mulai dari Y0 hingga Y8, sekarang Anda semakin bingung dengan C0 hingga C6. C pin sebenarnya adalah setter tegangan, mari saya jelaskan, dalam proyek-proyek ada output yang berbeda diperlukan seperti motor Anda berjalan pada 12V DC saat katup solenoid Anda berjalan pada 220VAC. Jadi, ada kebutuhan untuk mengatur voltase ini pada output. Di sini pin C digunakan. Misalkan Anda perlu memberikan output 12V pada Y0 dan Y1 kemudian memberikan 12V ini pada C0 dan ketika Y0 atau Y1 ON maka mereka akan memberikan 12V pada output. Singkatnya, ketika output AKTIF sebenarnya terhubung dengan pin C masing-masing.
Terakhir, periksa Port 0 pada gambar di atas, ini adalah port tempat Anda menghubungkan kabel serial Anda dalam PLP dan hubungkan dengan komputer Anda untuk mengunggah kode pemrograman.
Itu saja untuk hari ini. Saya harap Anda mendapat ide dasar dari pengendali logika Programmable dan sekarang waktunya untuk melihat Pengantar Logika Ladder untuk PLC , logika tangga adalah bahasa pemrograman untuk PLC. Tanggapan Anda akan disambut hangat. Dalam tutorial berikutnya, saya akan membahas tentang logika tangga dan akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memprogram PLC. Sampai saat itu Berhati-hatilah dan bersenang-senanglah.

Comments

Popular posts from this blog

Pengantar ATmega328

Tutorial langkah demi langkah lengkap tentang Pengantar untuk ATmega328 Halo semuanya! Saya harap Anda semua akan baik-baik saja dan bersenang-senang. Hari ini, saya akan berbagi topik yang paling penting dan paling umum yaitu Pengantar untuk ATmega328. ATmega-328 pada dasarnya merupakan pengontrol mikro Advanced RISC (AVR). Ini mendukung data hingga delapan (8) bit. ATmega-328 memiliki memori internal internal 32KB. Pengontrol mikro ini memiliki banyak karakteristik lain. Anda juga harus melihat Pengantar PIC16F877a (ini adalah PIC Microcontroller ) dan kemudian membandingkan fungsi dari dua Microcontrollers ini. ATmega 328 memiliki memori Read Only Memory (EEPROM) yang Dapat Diprogram Secara Elektrik. Properti ini menunjukkan jika pasokan listrik yang dipasok ke mikro-pengontrol dihapus, bahkan ia dapat menyimpan data dan dapat memberikan hasil setelah menyediakannya dengan pasokan listrik. Selain itu, ATmega-328 memiliki 2KB Statis Random Access Memory (SRAM). Karakteristik l

Review Rumah Belajar

Review Content Dasar Listrik dan Elektronika Sub Kompetensi Aljabar Boolean Bagian ke 2 Pada kesempatan yang sangat baik ini saya akan mereview content pada rumah belajar materi dasar listrik dan elektronika dengan kompetensi aljabar boole bagian kedua Pada konten ini terutama pada bagian pendahuluan Sudah Cukup jelas tentang materi belajar yang akan dibahas namun sedikit masukkan jika gambar yang ada di sesuaikan dengan judul masalah rangkaian mikrokontroler aplikasi tidak sama dengan materinya Kemudian pada bagian konsep aljabar Boolean di bagian ini hanya di Jelaskan pembahasan gerbang NOT, gerbang AND, gerbang OR alangkah lebih sempurna jika pembahasan materi ini ditambah dengan gerbang NAND gerbang NOR gerbang EXOR dan gerbang EX-NOR Pada bagian tabulasi bilangan gerbang AND pada Tab AND, operasi boolean seharusnya perkalian bukan penjumlahan seperti yang tertulis pada teori tersebut Kemudian pada Tab 2 variabel gambar gerbang sudah sesuai dengan

Cara Mudah Memprogram DFPlayer Mini MP3 Module Dengan Arduino

Agar Arduino bisa mengeluarkan suara, lagu, dan sebagainya yang berformat MP3. Maka kita perlu menggunakan DFPlayer Mini MP3 Module. Tutorial nya saya jamin akan lebih sederhana dan dijamin akan berhasil kamu gunakan. Nah yang akan kita coba adalah memutar mp3 dengan perintah Arduino. 1. SIAPKAN ALAT Pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini: Arduino Uno  DFPlayer Mini MP3  Micro SD +Card Reader Kabel Jumper  Speaker  Resistor 220 ohm  2. RANGKAI ALAT Jika sudah sekarang rangkai bahan tersebut seperti gambar dibawah ini: WARNING!!!  —> Pastikan rangkaian yang kamu buat sesuai dengan gambar, silahkan kamu cek lagi jika merasa masih ada yang salah dengan rangkaian kamu. Karena banyak kasus gagal, karena rangkaian yang tidak sesuai. 3. SIAPKAN FILE MP3 Selanjutnya adalah menyiapkan file MP3 yang akan di play, dan pastikan: Siapkan Micro SD dengan format  FAT32  (silahkan format dulu Micro SD jika punya kamu belum FAT32) Nama file MP3 nya  0001.m