Skip to main content

PENJELASAN KODE PADA C++

Alhamdulillah Saya kembali Posting berhubung banyak teman-teman kuliah ku yang meminta ku untuk posting tentang fungsi-fungsi dalam Bahasa C / C++.
Berikut beberapa kode beserta penjelasannya :

A.    Tipe Data
  1. Char (Character)  Cth : char nama[30];(“Memberikan jenis tipe data dan variabelnya yakni nama sebagai character yang dibatasi panjangnya sebanyak 30 karakter”)
  2.  Int (Integer) Tipe integer adalah tipe data yang nilainya bulat.
  3. Float  (Floating) Tipe Float adalah tipe data yang nilainya dalam bentuk bilangan pecahan.
  4. Long Tipe Long adalah tipe data yang sama dengan Float yaitu nilanya dalam bentuk bilangan pecahan.
  5. Double Pecahan presisi ganda
  6. Void Tidak bertipe.

TIPE DATA
Penentu Format Untuk printf()
Integer
%d
Floating Point
Bentuk Desimal
%f
Bentuk Berpangkat
%e
Bentuk Desimal dan Pangkat
%g
Double Precision
%lf
Character
%c
String
%s
Unsigned Integer
%u
Long Integer
%ld
Long Unsigned Integer
%lu
Unsigned Hexadecimal Integer
%x
Unsigned Octal Integer
%o

B.     Karakter Escap
Bahasa C juga menyediakan beberapa karakter  khusus yang disebut karakter escape, antara lain :
  • \a : untuk bunyi bell (alert)
  • \b : mundur satu spasi (backspace)
  • \f : ganti halaman (form feed)
  • \n : ganti baris baru (new line)
  • \r : ke kolom pertama, baris yang sama (carriage return)
  • \t: tabulasi horizontal
  • \v : tabulasi vertical
  • : nilai kosong (null)
  • \’ : karakter petik tunggal
  • \” : karakter petik ganda
  • \\ : karakter garis miring
C.    Kode Penentu Format
  1. .%c : Membaca sebuah karakter
  2. . %s : Membaca sebuah string
  3. . %i, %d : Membaca sebuah bilangan bulat (integer)
  4. . %f, %e : Membaca sebuah bilangan pecahan (real)
  5. . %o : membaca sebuah bilangan octal
  6. . %x : Membaca sebuah bilangan heksadesimal
  7. . %u : Membaca sebuah bilangan tak bertanda.
D.    Perintah Keluaran
  1. #include < iostream.h>
    Iostream = Input Output Stream Untuk menjalankan fungsi input dan cetak yaitu Input (cin), Output (cout) .
  2. #include ,
    diperlukan jika dalam program terdapat suatu operator matematika ( +, -, : dan x ) atau perhitungan matematika, semisal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dsb..
  3. #include < conio.h>
    Conio = Console Input Output : Untuk menjalankan fungsi getch dan clrscr.
    Getch : untuk menahan tampilan
    Clrscr: untuk membersihkan layar
  4. #include < stdio.h> Stdio = Standart Input Output Untuk mengaktifkan perintah printf dan scanf. printf() merupakan fungsi keluaran yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.
  5. puts()
    Penjelasan Perintah puts() sebenarnya sama dengan printf(), yaitu digunakan untuk mencetak string ke layar. puts() berasal dari kata PUT dan STRING.
  6. Putchar()
    Perintah putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter ke layar. Penampilan karakter tidak diakhiri dengan pindah baris.
  7. Cout()
    Fungsi cout() merupakan sebuah objeck didalam bahasa C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus menyertakan file header iostream.h .

E. Perintah Masukan
  1. Scanf()
    Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data.
  2. Gets()
    Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string.
  3. Cin()
    Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file header iostream.h .
  4. Getch()
    Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.
  5. Getche()
    Fungsi getche()dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.
F. Fungsi Manipulator
Manipulator pada umumnya digunakan untuk mengatur tampilan layar, untuk mengguakan manipulator ini file header yang harus disertakan file header iomanip.h .
  1. endl merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk piranti keluaran berupa file di disk. File header yang harus disertakan adalah file header iostream.h .
  2. ends merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null ( nilai ASCII NOL ) kederetan suatu karakter. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter kefile didisk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL.. File header yang harus disertakan adalah file header iostream.h .
  3. dec, oct dan hex merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk desimal, oktal dan hexadesimal. File header yang harus disertakan adalah file header iomanip.h .
  4. setprecision() merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur jumlah digit desimal yang ingin ditampilkan. Fungsi ini biasa pada fungsi cout(), file header yang harus disertakan adalah file header iomanip.h . 
G.    Operator Aritmatika
Operator untuk operasi aritmatika yang tergolong sebagai operator binary.


OperatorKeteranganContoh
*Perkalian4 * 5
/Pembagian8 / 2
%Sisa Pembagian5 % 2
+Penjumlahan7 + 2
Pengurangan6 − 2


H. Operasi Penyeleksian Kondisi
  1. IF
    Pernyataan if mempunyai pengertian, Jika kondisi bernilai benar, maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan diabaikan”.
  2. IF- Else
    Pernyataan if – else mempunyai pengertian, Jika kondisi bernilai benar, maka perintah-1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan mengerjakan perintah-2”.
  3. Nested IF
    Nested if merupakan pernyataan if berada didalam pernyataan if yang lainnya.
  4. Switch-case
    switch – case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch – case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat, tetapi penggunaannya untuk memeriksa data yang bertipe karakter atau integer. 
I. Proses Perulangan
  1. For
    Bentuk umum pernyataan for Bila pernyataan didalam for lebih dari satu maka pernyataan-pernyataan tersebut harus diletakan didalam tanda kurung.
  2. Nested For
    Pernyataaan Nested for adalah suatu perulangan for didalam perulangan for yang lainnya.
  3. Perulangan Tidak Berhingga (loop)
    Perulangan tak berhingga merupakan perulangan ( loop ) yang tak pernah berhenti atau mengulang terus, hal ini sering terjadi disebabkan adanya kesalahan penanganan kondisi yang dipakai untuk keluar dari loop.
  4. Goto
    Pernyataan goto merupakan instruksi untuk mengarahkan eksekusi program ke-pernyataan yang diawali dengan suatu label. Label merupakan suatu pengenal (identifier) yang diikuti dengan tanda titik dua ( : ).
  5. While
    Pernyataan perulangan while merupakan instruksi perulangan yang mirip dengan perulangan for. Bentuk perulangan while dikendalikan oleh syarat tertentu, yaitu perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat tersebut terpenuhi.
  6. Do-While
    Pernyataan perulangan do – while merupakan bentuk perulangan yang melaksanakan perulangan terlebih dahulu dan pengujian perulangan dilakukan dibelakang.
  7. Break
    Pernyataan break ini berfungsi untuk keluar dari struktur switch. Selain itu pernyataan break berfungsi keluar dari perulangan ( for, while dan do-while ). Jika pernyataan break dikerjakan, maka eksekusi akan dilanjutkan ke pernyataan yang terletak sesudah akhir dari badan perulangan ( loop ).
  8. Continue
    Pernyataan continue digunakan untuk mengarahkan eksekusi ke iterasi (proses) berikutnya pada loop yang sama, dengan kata lain mengembalikan proses yang sedang dilaksanakan ke-awal loop lagi, tanpa menjalankan sisa perintah dalam loop tersebut.
J. Header
File Header adalah suatu file dengan akhiran .h . File ini sebenarnya berisikan deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Selain file-file header standar yang disediakan oleh Turbo C, kita dapat juga membuat file header sediri, dengan cara yang sama seperti membuat file editor. Yang harus diperhatikan pada saat menyimpan file header yang telah dibuat harus digunakan akhiran .h .
Tambahan :
Operator Relasi
OperatorKeterangan
==Sama dengan
!=Tidak sama dengan
>Lebih besar
<Lebih kecil
>=Lebih besar sama dengan
<=Lebih kecil sama dengan
Operator Logika
OperatorKeterangan
&&Operator Logika AND
||Operator logika OR
!Operator logika NOT
Gotoxy: untuk menempatkan posisi kursor pada layar
Syntax : gotoxy (x,y)
Ket :        X = posisi X (horizontal)
                Y = posisi Y (Vertikal)

Comments

Popular posts from this blog

Pengantar ATmega328

Tutorial langkah demi langkah lengkap tentang Pengantar untuk ATmega328 Halo semuanya! Saya harap Anda semua akan baik-baik saja dan bersenang-senang. Hari ini, saya akan berbagi topik yang paling penting dan paling umum yaitu Pengantar untuk ATmega328. ATmega-328 pada dasarnya merupakan pengontrol mikro Advanced RISC (AVR). Ini mendukung data hingga delapan (8) bit. ATmega-328 memiliki memori internal internal 32KB. Pengontrol mikro ini memiliki banyak karakteristik lain. Anda juga harus melihat Pengantar PIC16F877a (ini adalah PIC Microcontroller ) dan kemudian membandingkan fungsi dari dua Microcontrollers ini. ATmega 328 memiliki memori Read Only Memory (EEPROM) yang Dapat Diprogram Secara Elektrik. Properti ini menunjukkan jika pasokan listrik yang dipasok ke mikro-pengontrol dihapus, bahkan ia dapat menyimpan data dan dapat memberikan hasil setelah menyediakannya dengan pasokan listrik. Selain itu, ATmega-328 memiliki 2KB Statis Random Access Memory (SRAM). Karakteristik l

Cara Mudah Memprogram DFPlayer Mini MP3 Module Dengan Arduino

Agar Arduino bisa mengeluarkan suara, lagu, dan sebagainya yang berformat MP3. Maka kita perlu menggunakan DFPlayer Mini MP3 Module. Tutorial nya saya jamin akan lebih sederhana dan dijamin akan berhasil kamu gunakan. Nah yang akan kita coba adalah memutar mp3 dengan perintah Arduino. 1. SIAPKAN ALAT Pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini: Arduino Uno  DFPlayer Mini MP3  Micro SD +Card Reader Kabel Jumper  Speaker  Resistor 220 ohm  2. RANGKAI ALAT Jika sudah sekarang rangkai bahan tersebut seperti gambar dibawah ini: WARNING!!!  —> Pastikan rangkaian yang kamu buat sesuai dengan gambar, silahkan kamu cek lagi jika merasa masih ada yang salah dengan rangkaian kamu. Karena banyak kasus gagal, karena rangkaian yang tidak sesuai. 3. SIAPKAN FILE MP3 Selanjutnya adalah menyiapkan file MP3 yang akan di play, dan pastikan: Siapkan Micro SD dengan format  FAT32  (silahkan format dulu Micro SD jika punya kamu belum FAT32) Nama file MP3 nya  0001.m

Review Rumah Belajar

Review Content Dasar Listrik dan Elektronika Sub Kompetensi Aljabar Boolean Bagian ke 2 Pada kesempatan yang sangat baik ini saya akan mereview content pada rumah belajar materi dasar listrik dan elektronika dengan kompetensi aljabar boole bagian kedua Pada konten ini terutama pada bagian pendahuluan Sudah Cukup jelas tentang materi belajar yang akan dibahas namun sedikit masukkan jika gambar yang ada di sesuaikan dengan judul masalah rangkaian mikrokontroler aplikasi tidak sama dengan materinya Kemudian pada bagian konsep aljabar Boolean di bagian ini hanya di Jelaskan pembahasan gerbang NOT, gerbang AND, gerbang OR alangkah lebih sempurna jika pembahasan materi ini ditambah dengan gerbang NAND gerbang NOR gerbang EXOR dan gerbang EX-NOR Pada bagian tabulasi bilangan gerbang AND pada Tab AND, operasi boolean seharusnya perkalian bukan penjumlahan seperti yang tertulis pada teori tersebut Kemudian pada Tab 2 variabel gambar gerbang sudah sesuai dengan